Cara Meningkatkan Kesuburan Tanah

https://2.bp.blogspot.com/-_ie_ZaD76gc/WmOkZIjvfiI/AAAAAAAAAy8/H_dNE94roT0EZ6YXzwNz_GV7KFAmw0P7QCLcBGAs/s72-c/20171223_075950.jpg click to zoom
Ditambahkan 08.21
Kategori Artikel Bibit Durian Bibit Durian Bawor Durian durian Banyumas
Harga @ Dalam urusan pertanian, kesuburan tanah adalah hal yang sangat penting. Jika media tanam adalah tanah, maka kesuburan merup...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Cara Meningkatkan Kesuburan Tanah

@





Dalam urusan pertanian, kesuburan tanah adalah hal yang sangat penting. Jika media tanam adalah tanah, maka kesuburan merupakan syarat mutlak untuk memperoleh hasil yang baik.Berikut beberapa cara sederhanan menambah kesuburan tanah.
  1. Tambahkan bahan organik
    Variasi bahan organik merupakan cara yang paling baik untuk meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk kandang mengandung nitrogen yang merupakan kompenen penting bagi kesuburan tanah. Kotoran ternak seperti sapi, kambing atau babi merupakan pilihan yang baik. Berusahalah untuk mendapatkan kotoran ternak dari peternak biasa dan ternak yang sehat. Saat menambahkan bahan organik dalam bentuk mentah seperti kotoran binatang, hindari penambahan pada lahan yang sudah ada tanamannya. Setelah bahan organik ditambahkan ke tanah, tunggulah hingga bahan organik tersebut terurai menjadi tanah.
  2. Tambahkan kompos
    Kompos merupakan sumber nitrogen yang cukup baik bagi tanah. Kompos memiliki manfaat tambahan yaitu membantu memecah partikel tanah dan membantu pengairan air. Selain itu, pada tanah lempung berpasir, kompos membuat butiran-butiran tanah menyatu dan mengurangi kelembaban sehingga membuat tanah menjadi lebih subur.
    Membuat pupuk kompos cukup mudah. Cukup dengan mengumpulkan daun-daunan, sampah dapur, bahkan sobekan-sobekan kertas.
  3. Model tanam tumpang sari
    Menanam berbagai macam tanaman pada lokasi yang sama atau tumpang sari merupakan salah satu cara untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kesuburan tanah. Metode tumpang sari berguna untuk mencegah erosi tanah dan mengendalikan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui tanah. Tanaman kacang polong, kedelai merupakan tanaman-tanaman yang bisa meningkatkan kualitas tanah. Tanamilah juga dengan jenis sayuran berakar dalam. Ini akan menambah nutrisi tanah secara alami.
  4. Tambahkan mulsa
    Mulsa berguna untuk menutupi tanah sehingga bisa menahan air, mengendalikan gulma dan mencegah erosi sehingga meningkatkan kesuburan tanah. Mulsa merupakan limbah tanaman misalnya jerami, atau bisa dibeli toko-toko pertanian. Hindari pemakaian mulsa yang terlalu tebal karena berefek terlalu banyak menahan air sehingga kelembaban tidak terkontrol dan menyebabkan penyakit tanaman.
Ada berbagai macam cara untuk meningkatakan kualitas tanah. Anda bisa bebas memilih mana yang Anda sukai, pada intinya agar produksi pertanian Anda semakin meningkat.


Komentar