Bibit Mangga Unggul hub. 081226383178

https://1.bp.blogspot.com/-uelrFeWI7CE/WmzIpyXiK8I/AAAAAAAAAzk/cJ5VSnhAe7wFaPdDxu687P9CmEEJ5wGhQCLcBGAs/s72-c/foxy_picture.jpg click to zoom
Ditambahkan 08.29
Kategori Bibit Durian Bibit Durian Bawor Bibit Mangga bibit mangga unggul Durian durian Banyumas Produk
Harga Rp 20.000 @ Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tanaman mangga atau yang biasa juga dikenal dengan nama Mapelam merupakan tumbuhan k...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Bibit Mangga Unggul hub. 081226383178

Rp 20.000 @

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


Vitamin Dan Mineral
Mangga kaya akan sumber vitamin dan mineral. Buah mangga mengandung vitamin A (beta karotin), vitamin E dan selenium yang dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit-penyakit lainnya, seperti usus besar dan kanker serviks.
Vitamin A dan C yang terkandung dalam buah ini juga merupakan sumber kalium yang membantu tekanan darah, kontraksi otot dan menjaga proses organ tubuh Anda bekerja dengan benar.
Buah mangga mengandung zat besi yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki anemia dan juga baik bagi ibu yang sedang hamil. Mangga juga kaya akan Vitamin E yang dapat membantu sistem hormonal bekerja dengan lebih efisien.
Antioksidan
Salah satu manfaat buah mangga adalah memperlambat atau mencegah kerusakan oksidatif pada tubuh kita. Untuk antioksidan, kita tidak perlu meragukan kehebatan buah mangga.
Mangga memiliki kandungan fenol seperti isoquercitrin, Quercetin, Fisetin, astragalin, asam galia dan methylgallat. Senyawa-senyawa fenolik ini dikatakan memiliki efek anti kanker yang kuat bagi tubuh manusia.
Tingkat Keasaman Dan Pencernaan
Manfaat buah mangga lainnya adalah untuk mengobati asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya. Enzim yang ada didalam buah manga dapat menenangkan perut.
Enzim ini juga dapat memberikan rasa kenyang kepada tubuh. Jadi, kita bisa mengontrol keinginan makan kita. Hal ini akan membantu jika anda sedang menjalani diet dan mempertahankan gaya hidup yang sehat.
Serat
Buah manga mengandung jumlah serat yang tinggi yang dapat membantu atau mencegah sembelit. Serat juga dapat mencegah jenis kanker tertentu (misalnya Usus), darah tinggi dan kolesterol. Bahkan beberapa penyakit degeneratif, terutama yang berkaitan dengan hati.
Menambah Berat Badan
Mangga juga bermanfaat bagi orang-orang yang ingin menambah berat badannya. Mangga mentah mengandung zat tepung yang akan diubah menjadi zat gula.
Oleh karena itu, mangga yang matang (kaya akan gula) bila dikonsumsi dengan tambahan susu akan sangat membantu dalam meningkatkan berat badan.
Manfaat Buah Mangga Lainnya
  1. Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Mangga mengandung Vitamin A dan C serta dua puluh lima jenis karotenoid yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh agar kita tetap sehat dan kuat.
  2. Kesehatan Mata. Satu buah mangga menyediakan 25% vitamin A yang diperlukan Untuk mendapatkan pandangan mata yang Baik.
  3. Kesehatan Kulit. Mangga memiliki kekuatan untuk meringankan pori-pori kulit yang tersumbat.
  4. Mengatasi Diabetes. Buah Mangga memiliki peran yang sehat dalam menormalkan kadar insulin di dalam darah.
  5. Meningkatkan daya ingat. Buah mangga mengandung glutamin yang membantu untuk meningkatkan daya ingat atau memori dan membuat sel-sel aktif meningkatkan tingkat konsentrasi.
Seperti yang anda ketahui dengan jelas bahwa manfaat buah mangga sangat banyak sekali. Oleh sebab itu, mengkonsumsi mangga tiap hari baik untuk tubuh anda.

JENIS JENIS MANGGA 

apa sajakah jenis mangga unggulan? Jenis mangga unggulan diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Jenis Mangga golek 


    Mangga golek merupakan salah satu jenis mangga unggulan. Mangga golek sudah sangat populer dikalangan para pecinta mangga. Keberadaannya pun sudah diperhitungkan dipasaran maupun dikalangan para pecinta mangga. Mangga golek memiliki rasa yang manis serta tekstur buahnya yang renyah jika dimakan.
    Bagaimana ciri-ciri dari mangga golek? Ciri-ciri dari mangga golek adalah memiliki bentuk buah yang bulat tetapi sedikit memanjang. Tidak seperti mangga pada umumnya, mangga golek memiliki biji buah yang sangat tipis serta dagingnya yang lebih tebal. Buah mangga golek tidak lah berserat.
    Bagi pecinta mangga yang tidak ingin memakan mangga yang berserat, mangga golek ini bisa dijadikan alternatifnya. Pada saat masak, kulit buah mangga berwarna kuning bercampur dengan hijau. Aroma buah dari mangga golek ini cukup harum.
  • Jenis Mangga nam dok mai

    Mangga nam dok mai merupakan mangga yang bukan berasal dari Indonesia. Namun berasal dari Thailand. Ciri-ciri dari mangga nam dok mai adalah memiliki warna kulit kuning kehijauan. Kulit buah mangga ini cenderung tipis sehingga tidak tahan benturan. Panjang untuk satu mangga nam dok mai adalah mencapai 17 cm.
    Berat untuk satu mangga nam dok mai adalah sekitar 350 gram, bahkan lebih. Biji dari mangga ini sangan tipis dan kecil. Daging mangga nam dok mai lebih tebal. Bentuk buah dari mangga ini adalah panjang sedikit membulat. Memiliki rasa yang manis. Tingkat kemanisannya mencapai 20%.
  • jenis Mangga podang

     Mangga podang ini memiliki kulit yang berwarna kuning. Warna kulitnya yang cantik membuat pecinta mangga tertarik kepada mangga podang ini. Mangga podang hanya dapat ditemukan pada musimnya saja. Mangga podang memiliki bentuk buah berbentuk bulat seperti layaknya telur. Daging buahnya berserat.
  • Jenis Mangga indramayu

    Sesuai dengan namanya, mangga ini berasal dari salah satu daerah yang ada di Indonesia, yaitu daerah indramayu. Mangga indramayu ini memiliki ciri yang khas yaitu dapat disimpan hingga berhari-hari. Berbeda dengan jenis mangga lainnya yang tidak tahan lama jika disimpan.
    Bentuk buahnya berukuran cukup besar. Rasa buahnya gurih jika dimakan. Tingkat kemanisannya juga cukup tinggi. Saat sudah masak, mangga ini akan berwarna hijau kekuningan. Tekstur dari mangga indramayu adalah berserat.
    Sebelum membudidayakan mangga, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman mangga ini. mengetahui syarat tumbuh mangga memang perlu dilakukan supaya nantinya tidak ditemukan kendala yang berarti. Mengingat tidak selamanya dalam proses pembudidayaan dapat berjalan dengan baik.
    Apa-apa sajakah syarat tumbuh bagi tanaman mangga? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.
    Tanaman mangga merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah yang beriklim kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penanaman juga perlu dilakukan pada saat musim kemarau. Atau juga bisa melakukan penanaman pada saat akhir musim penghujan. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan tanaman mangga tidak tahan terhadap daerah yang lembap atau pun basah.
    Jika penanaman dilakukan pada saat musim penghujan atau di daerah yang lembap dan basah, itu berarti tanaman mangga akan terserang hama penyakit. Untuk itulah, penanaman tanaman mangga sebaiknya dilakukan pada saat musim kemarau. Karena tanaman mangga hidup di daerah yang lebih memiliki musim kemarau yang tinggi, sebaiknya jika di Indonesia penanaman mangga dapat dilakukan di daerah dataran rendah saja.
    Temperatur suhu optimal di daerah dataran rendah adalah 25-26 derajat celcius. Temperatur tersebut sesuai dengan kriteria penanaman tanaman mangga. Tanaman mangga dapat tumbuh di daerah yang tanahnya berjenis lempung berpasir. Mengingat tidak semua jenis tanah sama, sehingga diperlukan jenis tanaman lempung berpasir supaya tanaman mangga dapat tumbuh dengan baik.
    Lokasi paling tepat Menanam buah Mangga
    Tempat yang cocok untuk budidaya mangga adalah tempat yang memiliki curah hujan sekitar 760 hingga 2400 milimeter per tahunnya. Sedangkan ketinggian tempat untuk menanam tanaman mangga adalah  0-290 meter di atas permukaan laut. Biasanya mangga akan berbunga pada musim kemarau.

    Proses pembuangan biasanya terjadi sekitar 45 – 60 hari pada permulaan musim kemarau. Setelah 90 – 120 hari kemudian, barulah mangga dapat berbuah. Ingatlah, semakin kemarau suatu daerah, maka mangga yang akan dihasilkan semakin bagus dan bermutu.

     

  •  MANGGA KIOJAY 

      Mangga Kiojay ini merupakan varietas baru asal Thailand. Mangga jenis ini sangat cocok bila dibudidayakan di daerah dataran rendah dengan cuaca panas. Untuk rasa, mangga jenis ini sangat manis bahkan ketika masih mentah. Daging buahnya pun beraroma harum. Jadi jangan heran, jika buah ini sering di juluki dengan mangga harum manis raksasa karena ukurannya yang super jumbo. Adapun dalam satu buahnya bisa mencapai bobot antara 1,2 - 2 kilogram. Mantap bukan ?? yang menjadi keunggulan lagi dari mangga kiojay ini karena sifatnya yang sangat genjah atau rajin berbuah, sehingga bagi anda para pecinta tabulampot (tanaman buah dalam pot ) dapat memilih jenis mangga ini untuk di kebunkan atau juga dapat menjadi koleksi tanaman buah anda. apalagi tidak perlu menunggu waktu yang cukup lama, jenis mangga kiojay ini dalam jangka waktu 2-3 tahun setelah tanam sudah bisa berbuah dengan perbanyakan okulasi. sedangkan jika untuk tabulampot, di sertai dengan perawatan dan pemeliharaan yang maksimal maka akan lebih cepat lagi dalam berbuah jika dibandingkan dengan metode tanam konvensional  (di tanam di tanah). Namun jika anda ingin panen yang maksimal dengan keuntungan yang besar, tentunya di tanam di tanah itu lebih baik. Untuk perawatan dan pemeliharaan tanaman mangga kiojay ini sangat mudah tanpa memerlukan perawatan khusus. yang paling penting ketika menanam tanaman mangga ini yaitu penyinaran matahari yang cukup, sedangkan untuk penyiraman bisa di lakukan 1 kali dalam sehari. Pemberian pupuk juga perlu di lakukan untuk menunjang pertumbuhan tanaman dapat di lakukan 2 kali dalam 1 bulan.
  •  MANGGA MANALAGI

    Saat ini mangga mulai musim dan bisa kita lihat di pasar dan supermarket sudah ada harum manis, manalagi dan mangga raja (di supermarket disebut budi raja) padahal di derah asalnya (Jawa Timur) namanya Raja (nggak pakai budi).
    Secara fisik bila dibandingkan dengan mangga lainnya, manalagi termasuk salah satu jenis yg lebih kecil (setelah gedong dan lalijiwo).
    Nama buah yang nama latinnya Mangifera indica ini berasal dari bahasa Tamil dan Malayalam manga. Kata ini diindonesiakan menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain.
    Mangga berasal dari perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti mempelam (Melayu.), pelem atau poh (Jawa.), dan lain-lain.
    PASURUAN & PROBOLINGGO
    Bagi yang berasal dr Jawa Timur tentu tidak asing dengan kota tsb. Dr kedua kota ini banyak dihasilkan berbagai jenis mangga yang dikirim ke Jakarta. Salah satu jenis mangga tsb adalah manalagi.
    20 km dari kota Pasuruan terdapat salah satu kebun percobaan dan khabarnya mempunyai koleksi buah terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara namanya Cukurgondang. Untuk tingkat dunia hanya kalah dengan India. Kebun tersebut merupakan peninggalan pemerintah kolonial Belanda. Pertama dirintis pada tahun 1935 dan bibit mulai berhasil ditanam pada tahun 1941. Sayangnya kebun percobaan tsb pengelolaannya tidak maksimal dan kurang mendapat perhatian yang cukup dari pemerintah.
    Bayangkan di kebun yang luasnya 13.5 hektar tsb terdapat :

    143 varietas harum manis
    31 varietas mangga golek
    69 varietas mangga manalagi.

    Berapa banyak varietas/jenis mangga manalagi yg kita kenal? Bandingkan dengan total varietas manalagi yang 69 macam tsb.

    HABITAT
    Tanaman mangga termasuk manalagi adalah tanaman dataran rendah. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut. Meskipun demikian, tanaman ini juga masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1.300 m di atas permukaan laut. Daerah dengan curah hujan antara 750-2.250 mm per tahun dan temperatur 24-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman buah ini. Jenis tanah yang disukainya adalah tanah yang gembur, berdrainase baik, ber-pH antara 5,5-6, dan dengan kedalaman air tanah antara 50-150 cm.
    Pohon mangga umumnya diperbanyak dengan system okulasi tapi walaupun bisa juga dengan system sambung pucuk maupun cangkok.

    CIRI-CIRI

    Dibandingkan mangga jenis lainnya, secara fisik manalagi relatif lebih kecil bila dibandingkan harum manis, golek ataupun indramayu.
    Warna kulit hijau cerah dengan bintik putih. Bintik tsb lebih besar dibandingkan bintik jenis mangga lainnya.

    Saat masih mentah, rasa manalagi tidak seasam mangga lainnya, bahkan cenderung manis.
    Warna kulit akan berubah menjadi hijau tua saat benar-benar matang.
    Paling enak dikonsumsi pada saat kondisi buah sudah tua, warna daging putih kekuningan. Pada saat sudah benar-benar matang warna daging berubah seperti mangga lainnya (kuning-orange).

    Daun mangga manalagi tidak selebar mangga harum manis ataupun indramayu, sehingga terlihat lebih panjang.

    Saat berbuah, dalam satu tangkai bisa berisi lebih dari 10 buah mangga. Bandingkan dengan harum manis yg dlm satu tangkainya maksimal hanya sekitar 10 buah.

    KEGUNAAN/MANFAAT

    Dagingnya saat masih mentah biasa dijadikan salah satu campuran rujak atau dibuat sambal rujak.
    Kayu mangga cukup keras dan kuat dan biasa dijadikan bahan kerajinan tangan.
    Biji mangga biasanya dijadikan makanan ternak.
    Bahkan di India pada saat musim paceklik, biji mangga dijadikan bahan pangan.Daun-daun mangga kerap digunakan secara ritual dalam dekorasi upacara perkawinan atau keagamaan Hindu.

    LAIN-LAIN
    Di Filipina, mangga dijadikan simbol nasional.
    Dalam kitab suci Weda agama Hindu, mangga dianggap sebagai “hidangan para dewa.
  •  MANGGA HARUM MANIS

     Mangga yang berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur – ini merupakan salah satu varietas unggul yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian. Disebut arumanis karena baunya harum (arum) dan rasanya manis. Pohon mangga arumanis berdaun lebat dan memiliki mahkota pohon seperti kerucut terpotong berdiameter 13,0 cm. Daun berbentuk lonjong dan ujung runcing dengan panjang bisa mencapai 45 cm.
    Tanaman ini akan berbunga pada bulan Juli-Agustus dan sudah bisa dipanen pada bulan September-November. Buahnya berbentuk jorong, berparuh sedikit, dan ujungnya meruncing. Buah yang telah tua berkulit hijau tua tertutup lapisan lilin sehingga warnanya seperti hijau kelabu. Pada buah yang sudah masak, pangkalnya berwarna hijau kekuningan dengan ketebalan
  •  MANGGA YUWEN

     Mangga Yuwen merupakan varietas baru yang mulai populer di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Sebagai pendatang baru potensi budidaya Mangga Yuwen cukup besar. Buah ini memiliki sejumlah keunggulan harga Mangga ini bisa mencapai Rp 100 ribu per buah di supermarket, harganya bisa semahal itu karena pasokan Mangga ini masih terbatas. Maklum sampai saat ini belum ada pembudidaya Mangga Yuwen secara luas, seperti dalam bentuk perkebunan, kalaupun ada budidaya baru sebatas aktivitas pembibitan
    Mangga Yuwen
  • Nama Latin : Mangifera indica
  • Asal buah : Taiwan
  • Sifat dan Keunggulan buah : memiliki kulit buah berwarna kuning cerah hingga merah pekat, bentuk buah memanjang dengan daging yang tebal dan bijinya yang super tipis, rasanya manis agak asam dengan tekstur yang lembut
  • Sifat dan Keunggulan bibit : baik di tanam di ketinggian 0-1200 meter diatas permukaan air laut, dengan jenis tanah yang gembur. Sedangkan untuk curah hujan  antara 750-2500 mm/tahun, dan harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dengan suhu 20-30 °C
  • Umur Berbuah : 2 – 3 tahun
  • Cara Pembibitan : Okulasi
  • Tabulampot  : Bisa
  • Tanah biasa : Bisa
       Cara Pemeliharaan :
  • Gunakan media yang gembur dan tambahkan kompos kelubang tanam sekitar 1-2 kg per lubang,  siram sehari sekali pemupukan 3 bulan sekali, NPK ditabur dan di benam disekeliling kanopi tanaman bersihkan gulma secara berkala
  • MANGGA IRWIN

    Seperti halnya mangga Yuwen, mangga Irwin memiliki tampilan warna merah yang menarik pada buahnya, warna merah pada buah mangga ini muncul disebabkan adanya hormon antosianin. Hormon antosianin berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 mµ. Pada irwin antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai. Pigmen karotenoid yang tersebar merata di kulit buah memberi latar warna kuning. Sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah.
    Mangga Irwin yang dapat mencapai ukuran cukup besar mencapai berat 500 gr perbuahnya ini memiliki tekstur daging padat agak berair dengan serat cukup halus dan mengandung sedikit tepung. Rasa manis berkat kadar gula 12-15º briks memenuhi rongga mulut. Itu diakhiri sensasi asam yang menyergap bagian samping belakang lidah.
    Selain merupakan varietas mangga yang difavoritkan untuk tabulampot karena kecantikan buahnya ini, mangga Irwin sudah dikebunkan di Majalengka, Karawang, Bekasi dan Situbondo dengan musim panen Oktober sampai Januari.
    Itu baru sebagian dari sekian banyak jenis varietas buah mangga, berbagai jenis buah mangga tersebut memiliki ciri khas dan rasa tersendiri, tekstuur buahnya juga berbeda-beda. Bagi para penikmat buah mangga, mangga-mangga tersebut bisa menjadi pelampiasan untuk menikmati buah mangga. Mangga mempunyai viamin C yang tinggi dan bagus buat pencernakan karena kaya serat.


Komentar