Apa Itu Bibit Kelengkeng???

https://2.bp.blogspot.com/-bPmljVbEw3k/WmzCXOGilUI/AAAAAAAAAzU/XGO0UWgUyb83AnI_FQ772Fxu2gnAZBkDQCLcBGAs/s72-c/IMG_20180108_160316.jpg click to zoom
Ditambahkan 08.32
Kategori Artikel Bibit Kelengkeng Blog Kami
Harga @ Buah kelengkeng atau lengkeng merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak disukai karena memiliki rasa yang begitu manis ket...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Apa Itu Bibit Kelengkeng???

@
Buah kelengkeng atau lengkeng merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak disukai karena memiliki rasa yang begitu manis ketika matang. Kelengkeng banyak diolah menjadi makanan kemasan dalam bentuk kalengan karena termasuk buah musiman. Tetap saja kelengkeng merupakan buah yang sangat baik jika dikonsumsi, karena manfaat buah kelengkeng mampu mendukung sejumlah kesehatan tubuh.
Kandungan Gizi Buah Kelengkeng
Buah kelengkeng mengandung sejumlah vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sebesar 80% dari kebutuhan harian. Kelengkeng juga mengandung mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalium. Selain itu kelengkeng juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Serta beberapa mineral dan vitamin lainnya.

 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari buah kelengkeng yang diperoleh dari nutrisinya bisa sangat beragam untuk banyak bagian tubuh. Berikut 10 manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Insomnia

Ada beberapa zat yang terkandung dalam kelengkeng yang bermanfaat untuk membantu anda dalam mengatasi masalah insomnia dan gangguan tidur.
Pertama, kelengkeng memiliki efek menenangkan yang akan memberikan kualitas tidur yang lebih baik, karena kelengkeng bisa membantu dalam menenangkan saraf anda.
Kedua, kelengkeng kaya akan mineral yang akan menjaga tubuh anda untuk berfungsi secara normal dan mengurangi kecemasan yang juga bisa menjadi penyebab utama insomnia.

2. Mencegah Kanker

Semua buah-buahan yang kaya akan antioksidan bisa menjadi solusi ampuh dalam mencegah perkembangan sel kanker, tak terkecuali buah kelengkeng, karena kaya akan polifenol.
Sel-sel kanker dapat disebabkan oleh sel-sel yang mengalami kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas. Polifenol memiliki kemampuan dalam menangani sel-sel yang rusak dan pada saat yang bersamaan dapat membantu dalam regenerasi sel-sel baru.

3. Mengatasi Anemia

Zat besi sangat penting dalam memproduksi sel darah merah, dengan jumlah yang tepat dari sel-sel darah merah dalam tubuh, berarti meminimalkan risiko mengalami anemia.
Buah kelengkeng juga kaya akan vitamin C, dimana vitamin C merupakan zat alami yang akan membantu dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kelengkeng cukup akan kandungan karbohidrat yang penting untuk membentuk energi, sehingga selama menjalani diet akan mendapatkan cukup stamina.
Kelengkeng juga mengandung jumlah air yang cukup untuk membuat tubuh anda tetap terhidrasi. Namun perlu diperhatikan, bahwa kelengkeng juga mengandung cukup tinggi akan gula.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi kelengkeng akan memberikan jumlah yang cukup akan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh sebagai salah satu lapisan perlindungan terhadap infeksi umum, seperti sakit tenggorokan, flu, dan batuk.

6. Kesehatan Jantung

Kalium dan magnesium yang terkandung dalam kelengkeng dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung, karena kandungan tersebut dapat membantu dalam relaksasi otot-otot dan saraf yang terhubung ke organ hati yang akan mempengaruhi tekanan darah.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kelengkeng memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi, dimana polifenol merupakan salah satu jenis antioksidan yang berkontribusi dalam melawan radikal bebas.
Polifenol memiliki respon yang cukup cepat dalam melawan radial bebas, dan akan menghapusnya dari sistem rubuh untuk mencegah sel-sel sehat berubah menjadi sel kanker.
Dengan adanya polifenol ini, regenerasi sel-sel dapat dilakukan dengan baik tanpa adanya gangguan, sehingga kelengkeng dapat berperan sebagai anti aging atau mencegah penuaan dini.

8. Kesehatan Tulang

Kelengkeng kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, dan magnesium. Dengan mengkonsumsi kelengkeng dapat membantu anda dalam mencegah kondisi tulang tertentu, seperti osteoporosis.

9. Kesehatan Mulut

Vitamin C terbukti mampu dalam menjaga kesehatan mulut. Selain itu, kelengkeng juga kaya akan mineral, sehingga dapat membantu dalam mempertahankan struktur gigi yang kuat.
Disarankan untuk sikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsi kelengkeng, karena kandungan gulanya yang relatif tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan organ mulut lainnya.

10. Kesehatan Mata

Riboflavin sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Riboflavin sebagai bagian dari vitamin B kompleks dapat membantu dalam mengurangi risiko gangguan mata, khususnya katarak.

Syarat Tumbuh

  • Lengkeng menghendaki tanah yang gembur, dengan lapisan tanah yang tebal dan dapat mengikat air dengan baik.
  • Jenis tanah yang dapat yang sesuai untuk pertumbuhan lengkeng antara lain jenis andosol, vertisol, latosol, atau tanah laterit.
  • Tanaman lengkeng menghendaki pH sekitar 5,5-6,5.
  • Curah hujan yang dikehendaki 2500-3000 mm per tahun dengan penyebaran merata sepanjang tahun.
  • Selain itu tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh.
  • Suhu optimum untuk pertumbuhan lengkeng berkisar 20-33oC dengan kelembaban udara relatif 65-90%.

Varietas Klengkeng

Di dataran tinggi varietas lengkeng yang banyak dikembangkan adalah :
  • Lengkeng Kopyor dan Lengkeng Batu,
  • Sedangkan di dataran rendah yang dikembangkan adalah Pingpong, Diamond River dan Itoh.
  • Kelebihan varietas ini adalah daya adaptasi yang luas dan umurnya yang genjah, dari cangkokan atau sambung pucuk dapat berbuah pada umur 8-12 bulan sedangkan dari biji dapat berbuah pada umur 2-3 tahun.

Teknik Penanaman Klengkeng

Penanaman
  • Penanaman lengkeng dilakukan menjelang musim hujan. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 60x60x60 atau 100x100x60 cm, tergantung besar kecilnya bibit yang akan ditanam. Jarak tanam minimal 6 x 6 m.

Pemupukan

  • Pupuk buatan yang diberikan sebanyak l00-300 g urea, 300-800 g TSP (400- 1000 kg SP-36), dan l00-300 g KCl untuk setiap tanaman. Pupuk diberikan tiga kali dalam selang tiga bulan.
  • Setelah panen buah, pemberian pupuk cukup sekali sebanyak 300 g urea, 800 g TSP, dan 300 g KCl per pohon.
  • Selain itu bisa ditambahkanPOC NASA, HORMONIK, SUPERNASA, dan POWER NUTRITION.
  • Campurkan terlebih dahulu POC NASA, HORMONIK, dan SUPERNASA dalam satu wadah, lalu ambil satu tutup botol dan campurkan dalam 15-20 liter air.
  • Untuk POWER NUTRITION digunakan ketika tanaman sudah mulai berbuah.

Penyiraman

  • Saat baru ditanam, tanaman lengkeng memerlukan penyiraman yang teratur 2 kali sehari. Selanjutnya penyiraman dilakukan dengan melihat kondisi tanaman dan lingkungan pertanaman.

Pemangkasan

Pangkas Bentuk

Pelaksanaan bentuk pemangkasan dimulai saat tanaman masih muda dan pokok batang baru mencapai ketinggian 160-225 cm. Pemangkasan dilakukan pada batang utama dengan ketinggian 150-175 cm dari permukaan tanah dan dilakukan pada awal musim hujan.
Pada awal musim hujan berikutnya, cabang sebelumnya yang terpilih dipangkas lagi sampai tersisa 30-40 cm, atau kira-kira 2/3 panjang cabang. Pelaksanaan pemangkasan ini dilakukan tiga kali. Pada saat pemangkasan ketiga, dua cabang yang dibiarkan tumbuh.

Pangkas Pemeliharaan

Pemangkasan tanaman yang belum berbuah harus dilakukan pada awal musim hujan. Dua minggu sebelum pemangkasan, dilakukan pemupukan agar pertumbuhan tanaman baik. Bagian yang dipangkas adalah cabang-cabang air yang tumbuh liar, rusak atau sakit, tumbuh bersinggungan dengan cabang lain, tumbuh membalik ke arah dalam, dan tumbuh ke arah bawah.

Pangkas Peremajaan

Pangkas peremajaan dilakukan pada tanaman yang sudah tua dimana cabang atau rantingnya tidak subur, tidak segar, dan produksinya sudah sangat menurun. Pemangkasan peremajaan ini dilakukan pada awal musim hujan dan dua minggu sebelumnya dilakukan pemupukan. Pemangkasan ini dilakukan sampai pada ujung cabang sekunder. Pemangkasan pere-majaan hanya bisa dilakukan sekali saja karena jika lebih dari sekali, dapat menurunkan hasil.

Adapun VARITAS BIBIT KELENGKENG ada beberapa jenis Antara Lain :

KELENGKENG PINGPONG

 merupakan salah satu jenis kelengkeng yang berasal dari Vietnam. Saat ini kelengkeng pingpong menjadi idola para masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan kelengkeng pingpong dapat tumbuh dan berbuah subur di tanah daratan rendah sampai dataran tinggi. Perawatan tanaman asal Vietnam ini tergolong mudah dan tahan terdapat hama penyakit.
 Seperti buah lainnya, kelengkeng juga mempunyai banyak varian. Salah satu yang mulai populer di Indonesia adalah kelengkeng pingpong. Kelengkeng sebesar bola pimpong ini merupakan salah satu tanaman buah kelengkeng varietas baru yang memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, dari segi warna juga terlihat lebih menarik jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng lokal.

KELENGKENG AROMA DURIAN

 Kelengkeng aroma durian, merupakan kelengkeng yang tergolong jenis baru, kelengkeng aroma durian ini mempunyai ciri daun lurus, kaku dan hijau tua, daun muda berwarna hijau semu merah, tajuk kokoh, daging tebal, biji kecil, kering, kulit putih,buah memiliki aroma yang khas seperti aroma durian,sehingga dinamai kelengkeng aroma durian, kelengkeng ini mempunyai keunggulan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan lebih mudah berbuah dari pada jenis kelengkeng lain.

KELENGKENG DIAMOND RIVER

 Kelengkeng Diamond River Nama ilmiah : Dimocarpus longan Asal : Cina Iklim ideal : dataran rendah Sinar matahari : sepanjang hari Media tanam : tanah Kebutuhan air : sedang Ciri-ciri : daun berwarna hijau cerah, lebar, dan tepinya bergelombang. Keunggulan : tanaman ini cenderung tumbuh melebar ke samping dari pada tumbuh ke atas. Diskripsi buah : Daging buahnya relatif tebal dan cenderung berarir, diamond river bisa berbuah saat berumur 8-12 bulan untuk kelengkeng vegetatif, dan 2-3 tahun untuk kelengkeng generatif (berasal dari biji). Cocok di tanam di pot.
 

Ciri Ciri Lengkeng Diamond River

- Tajuk Daun.Dari pengamatan yang saya lakukan kelengkeng jenis Diamon river ini cenderung memiliki tajuk daun yang rimbun melebar ke samping.

- Percabagan
Ciri lainnya adalah percabangan yang cukup  banyak, Ciri lainya yang mudah di kenali  adalah kenis percabangan yang cukup banyak, itu sebabnya kelangkeng ini sangat cocok di tanam di dalam POT.


- Bentuk Daun
Ciri khas daunnya adalah berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling dominan adalah tepi an daun sedikit bergelombang


- Buah
Nah sekarang kita berbicara buah, buah varietas Diamon river cenderung berair, jangan heran kalau kita habis menikmati buah kelengkeng di tangan agak lengket

KELENGKENG KRISTAL

 Lengkeng ini di namain Kristalin karena daging buahnya bening sehingga biji buahnya cenderung kelihatan.Rasa dan aromanya sangat menawan, dan bila berbuah keistimewaan lengkeng ini semua pucuk berbuah dengan serentak.

Jenis ini merupakan jenis kelengkeng modern, artinya dalam satu pohon ini sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Jadi dengan hanya menanam satu pohon saja sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

Berikut adalah keistemewaan dari kelengkeng Kristalin :
  • Hanya dalam 1 tahun sejak bibit ditanam, sudah menghasilkan buah.
  • Jumlah dompolan tiap pohon lebih banyak.
  • Jumlah buah tiap dompolan lebih banyak.
  • Daging buah lebih tebal.
  • Rasa daging buah lebih manis.
  • Aroma buah lebih tajam.

KELENGKENG ITOH

 Kelengkeng itoh yang merupakan hasil penyambungan diamond river dengan kelengkeng dari Thailand ini sepintas penampilannya mirip diamond river dengan daun yang lebar dan bergelombang. Kualitas buah paling unggul dibandingkan dengan kelengkeng jenis lain. Kelengkeng itoh ini memiliki keunggulan pada buahnya yaitu memiliki daging tebal, manis, kering, dan berbiji tebal. Kelengkeng ini cocok untuk tanaman buah dalam pot (tabulampot), namun memang tanaman ini agak sulit diperoleh dari pada tanaman diamond river yang telah banyak beredar di pasaran

KELENGKENG MATALADA

 Kelengkeng Matalada merupakan jenis kelengkeng dataran rendah yang memiliki buah eksotis. Meskipun buahnya tidak sebanyak kelengkeng lainnya (kristalin, puangray, itoh, dll), kelebihan dari matalada ialah biji kelengkeng ini hanya sekecil lada (jika masak sempurna), buahnya besar dengan diameter 2,5-3 cm serta berwarna putih. Kelengkeng ini sangat genjah dan dapat berbuah tanpa perlakuan khusus (tanpa booster). Kelengkeng ini dapat mulai belajar berbuah pada usia kurang dari 1 tahun, dengan syarat full sun (matahari penuh / tidak ternaungi) serta nutrisi cukup.

KELENGKENG NEW KRISTAL


Kelengkeng Kristal 2 / new Kristal merupakan kelengkeng dataran tinggi (temperate) yang membutuhkan pem-boosteran dalam proses pembuahannya. Meskipun memerlukan booster, produksi kelengkeng ini dapat mencapai 3 – 4,3 kg. kelengkeng ini dapat tumbuh dan berproduksi baik pada dataran rendah. Kelengkeng Kristal 2 / new Kristal mampu belajar berbuah pada usia 1,5 tahun.

KELENGKENG RUBBY LONGAN (MERAH)

 Kelengkeng merah atau dikenal dengan kelengkeng rubi longan memang tergolong salah satu buah yang ekslusif. Pasalnya kelengkeng ini produksinya sendiri masih terbatas. kelengkeng merah memiliki keunggulan pada penampilan yang menarik apalagi ketika melihatnya pada saat berbuah. Dompolan buah berwarna merah seronok senada dengan warma daun yang merah kecokelatan. Sosoknya pendek dan rajin berbuah menjadi keunggulan tersendiri. Yang membuat kelengkeng merah makin istimewa adalah kelengkeng ini mempunyai citarasa yang memiliki tingkat kemanisan paling tinggi mencapai 21 briks.

Kelengkeng merah atau Ruby Longan sangat cocok untuk pecinta tanaman buah yang supersibuk, hal ni dikarenakan dalam proses perawatannya tidak membutuhkan perlakuan yang khusus. boleh dikatakan kelengkeng merah cocok jika ditanam di dalam pot atau tabulampot. kelengkeng merah juga cukup aditif diberbagai ketinggian tempat dan mampu berbuah tanpa bantuan perangsang, berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya yang memerlukan bantuan perangsang untuk menghasilkan buah.


Komentar