Cara Mengatasi Bibit Stres Akibat Pengiriman

https://1.bp.blogspot.com/-o-hK5qSUnNQ/WL4e03C0-uI/AAAAAAAAASo/0SABPpy_bVwgYhR-EmcTBTV1wNQ1WYxLACPcB/s72-c/20161024_195538.jpg click to zoom
Ditambahkan 21.31
Kategori Artikel Bibit Durian cara atasi bibit stres Durian durian Banyumas
Harga @  Bibit Tanaman buah yang anda pesan layu? hal seperti ini sering menjadi momok bagi bara pecinta budidaya tanaman buah, bibit tanam...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Cara Mengatasi Bibit Stres Akibat Pengiriman

@


 Bibit Tanaman buah yang anda pesan layu? hal seperti ini sering menjadi momok bagi bara pecinta budidaya tanaman buah, bibit tanaman buah terlihat layu, kurang sehat dan tidak tampak sama pada pemesanan. yang sering terjadi adalah menganggap bibit yang kita pesan memiliki kualitas yang kurang bagus. apakah benar seperti itu..??? sering kita merasa galau, sedih bahkan marah, jika melihat bibit tanaman buah yang kita pesan terlihat layu pada saat tiba ditempat tujuan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa kiat-kiat yang perlu kita perhatikan antara lain : Setelah melakukan pememesan bibit dan sebelum bibit datang/diterima, kami sarankan untuk segera menyiapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Jika tidak tersedia sekam padi, media tanam cukup berupa campuran tanah dan pupuk. Yang penting diperhatikan, media tanamnya harus gembur (porous) agar air siraman menyerap sempurna / mengalir lancar.
Saran : hindari pemakaian pupuk kimia. Gunakam selalu pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Gunakan pupuk kimia hanya pada waktu dan dosis yang memang dibutuhkan. Berikut ini kami akan sedikit menjelaskan beberapa tips untuk konsumen sehabis menerima paket tanaman yang baru sampai dikirim dari jauh.
Adalah sebagai berikut :

1. Buka paket tanaman dan segera di tanam di polibek atau pot yang sudah di siapkan. Taruh di tempat teduh dan disiram air,untuk membantu menciptakan kondisi yang kondusif dan menyegarkan untuk tanaman yang baru saja stress menempuh perjalanan.

2. Kemudian Tanam untuk sementara bibit tersebut di polibek /pot tadi, dan taruh di tempat yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik hingga 1 mingguan baru dipindah ke lokasi yang terkena sinar matahari langsung secara bertahap, mulai dari intensitas sedikit, sedang, hingga intensitas cahaya full sinar matahari langsung.

3. Jaga kelembaban media jangan sampai kering. Tapi jangan juga tergenang oleh air.

4. Potong sebagian daun agar tidak terlalu banyak penguapan. Namun hal ini bersifat tidak wajib. Karena beberapa tanaman tanpa dipotong daunnya susah cukup kondusif.

5. Dalam keadaan tertentu Bila terdapat bibit yang layu, beberapa saran dari kami adalah:
Taruh tempat teduh
– Sungkup atau kerodong dengan plastik transparan hingga muncul tunas-tunas baru
– Penambahan vitamin B1 atau hormon penumbuh tunas akan sangat membantu pemulihan.

Mengatasi tanaman stress dengan vitamin B1
Kita tentu tidak ingin tanaman kesayangan mengalami gejala stress seperti diatas, ada cara yang terbukti ampuh mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan vitamin B1. Jika pada manusia vitamin B1 bermanfaat memperlancar metabolisme, maka pada tanaman juga mempunyai peranan di dalam metabolisme tanaman sehingga tanaman yang stress mampu beradaptasi pada lingkungan tumbuh yang baru.


Dosis vitamin B1 untuk tanaman
Ada beberapa referensi yang saya pakai dalam artikel ini, yaitu menggunakan B1 start kemasan yang bisa anda beli di toko obat pertanian dan B1 IPI dari ibu Santi, Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Vitamin B1 start biasanya sudah ditambah berbagai hormon dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti hormon NAA dan Fe EDTA, namun harganya lebih mahal dibanding B1 IPI. Pilihan tergantung pribadi masing-masing.

Untuk repotting, biasanya kami melarutkan 2-4 ml B1 start pada bagian bawah dan atas daun, lalu daerah perakaran juga disiram baru pindah pot, untuk tanaman yang sudah cukup besar dosis bisa dinaikkan.
 menggunakan vitamin B1 IPI untuk menghindari tanaman stress saat repotting dan hasilnya lumayan bagus. Selain harganya murah juga mudah diperoleh di warung atau apotek terdekat. Dosis yang diberikan yaitu 2 butir gerusan tablet B1 lalu dilarutkan dalam 1 liter air, setelah diberi larutan vitamin B1 daun yang rontok lebih sedikit bahkan setelah akar dipangkas.


Komentar